Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Dengan Shutdown Timer

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Dengan Shutdown Timer – Komputer merupakan salah satu perangkat linux yang terbuat dari serangkaian mesin sehingga membentuk sistem kerja. Dalam komputer atau laptop pasti memiliki tombol power yang fungsinya untuk mengaktifkan dan mematikan komputer tersebut. Namun masing-masing komputer dan laptop juga menyediakan tombol shutdown yang di rekomendasikan untuk menonaktifkan atau mematikan komputer. Meskipun begitu terkadang kita sebagai pengguna komputer kelupaan untuk mematikan komputer, dan itu sangat berbahaya karena akan berdampak pada performa komputer itu sendiri. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menggunakan fitur shutdown timer yang mana akan memberi waktu komputer nyala dan setelah waktu habis maka komputer tersebut akan mati dengan sendirinya.

Seperti informasi yang akan kami bagikan kali ini mengenai cara mematikan komputer secara otomatis dengan shutdown timer. Untuk melakukan hal tersebut memang terbilang mudah, namun tidak semua pengguna komputer yang mengetahuinya. Pada dasarnya tahap eksekusi untuk mematikan komputer otomatis, kita menggunakan comand prompt atau CMD, yakni dengan menggunakan perintah Shutdown.exe -s -f -t “3600” kemudian klik enter sehingga proses timing akan berjalan. Nah untuk informasi lebih lengkapnya, silahkan anda lihat dibawah ini.

cara mematikan komputer secara otomatis

Cara Menggunakan Shutdown Timer untuk Mematikan Komputer Secara Otomatis

1. Langkah pertama nyalakan terlebih dahulu komputer ataupun laptop anda

2. Selanjutnya buka Command Prompt ataupun CMD. Dengan caranya menekan tombol Windows + R secara bersamaan, lalu ketik CMD, jika sudah tekan tombol enter

3. Jika sudah muncul tampilan CMD, maka anda silahkan ketik Shutdown.exe -s -f -t “3600” kemudian silahkan tekan enter

Inilah penjelasan dari perintah Shutdown.exe -s -f -t “3600” yaitu :

Shutdown.exe yang memiliki arti anda telah membuat perintah aplikasi shutdown

  • s yang memiliki arti memerintahkan untuk Shutdown
  • f yang memiliki arti Force yang berarti komputer akan tetap shutdown meskipun ada aplikasi yang masih dijalankan
  • t yang memiliki arti Timer ataupun waktu untuk shutdown

Note :

Angka “3600” merupakan waktu atau timing dalam hitungan detik, jadi anda bisa menggantinya sesuai keinginan anda mau di waktuin berapa menit atau jam. Contoh anda ingin mengatur timing shutdown dalam waktu 2 jam, maka angka tersebut anda ganti dengan “7200”.

Untuk membatalkan atau menonaktifkan perintah shutdown otomatis, anda bisa mengetikan Shutdown.exe -a di command promt atau CMD. Untuk prosesnya terbilang serupa dengan tutorial diatas, jadi anda tinggal mengetik Shutdown.exe -a dan klik enter sehingga perintah shutdown otomatis akan terhenti dengan sendirinya.

Baca juga : Cara Menjadikan Android Sebagai Mouse Komputer Atau Laptop

Hanya itu informasi kami kali ini dan semoga dapat memberi anda gambaran bagaimana cara mematikan komputer atau laptop secara otomatis dengan shutdown timer. Dengan begitu anda bisa bebas berakitifitas karena komputer atau laptop akan mati dengan sendirinya.

Pencarian terkait :

cara mematikan komputer secara bersamaan
Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Dengan Shutdown Timer | Dedi S | 4.5