Cara Hard Reset iPhone 8 ke Setelan Semula

Meski merupakan brand ternama dengan kualitas yang tidak perlu diragukan, ada kalanya ponsel juga perlu diatur ke setelan semula. Hal itu berguna untuk menyegarkan kembali ponsel agar kembali prima. Bagi Anda pemilik iPhone 8, berikut ulasan mengenai cara hard reset iPhone 8 ke setelan semula.

Ketika iPhone tengah bermasalah, maka melakukan reset bisa menjadi obat penyembuhnya. Terutama untuk masalah yang ditimbulkan karena software. Melakukan reset ulang sama halnya melakukan instal ulang pada perangkat tersebut. Sehingga setelah dilakukan reset ulang, maka iPhone akan kembali prima.

Perlu diketahui bahwa reset ini penting dilakukan, baik itu sebelum menjual iPhone, atau setelah membeli iPhone dalam kondisi second. iPhone yang telah diatur ke setelan pabrik akan menjadi seperti baru. Karena itu semua data di dalamnya akan hilang. Jika tidak ingin kehilangan data tersebut, jangan lupa lakukan back up sebelum mengatur ulang.

cara reset iphone 8

Cara Reset iPhone 8 Menggunakan tombol

  1. Pada sisi kiri ponsel terdapat tombol volume atas dan bawah. Yang harus dilakukan adalah tekan dan lepaskan tombol volume yang atas.
  2. Selanjutnya Anda harus tekan dan lepaskan pada bagian tombol volume bawah.
  3. Jika sudah, tahan tombol sleep/wake yang ada pada sisi kanan ponsel. Tahan sampai muncul logo Apple pada ponsel dan proses pengaturan ulang dimulai.

Cara Reset iPhone Menggunakan iTunes

  1. Miliki terlebih dahulu iTunes versi terbaru di PC atau Mac Anda.
  2. Buka iTunes yang terdapat pada PC atau Mac tersebut.
  3. Dengan kabel bawaan dari iPhone, sambungkan iPhone ke komputer. Jika Anda ingin membuat cadangan terlebih dahulu, berikut langkah-langkahnya.
  • Pastikan bahwa iPhone memang telah tersambung ke komputer dan iTunes telah terbuka.
  • Pada deretan ikon yang ada di bagian atas dari jendela program, klik ikon iPhone.
  • Pilih This computer dan Back Up Now karena memang tujuannya membuat cadangan/back up. Proses untuk membuat berkas cadangan semua data dari iPhone ini membutuhkan waktu beberapa menit, bergantung pada banyak atau sedikitnya data.
  1. Ikuti semua langkah yang tertera di monitor, termasuk ketika diminta memasukkan kata sandi perangkat. Lakukan konfirmasi Percayai Komputer Ini. Namun seandainya Anda lupa kode sandi, maka klik untuk dapatkan bantuan.
  2. Pilih perangkat yang akan ditampilkan di iTunes.
  3. Karena tujuannya untuk mengatur ulang iPhone, maka pada bagian Ringkasan, klik Pulihkan.
  4. Klik sekali lagi untuk melakukan konfirmasi bahwa Anda yakin untuk memulihkan perangkat.
  5. Jika sudah, proses penghapusan data dan penginstalan ulang akan dilakukan.
  6. Tunggu sampai proses selesai. Saat sudah selesai, Anda bisa melakukan konfigurasi ulang pada iPhone ‘baru’ tersebut.

Cara Reset iPhone 8 Melalui Menu Pengaturan

  1. Sebelum memulai, pastikan bahwa baterai iPhone dalam keadaan full. Proses ini biasanya menghabiskan cukup banyak daya baterai, karenanya baterai harus terisi penuh.
  2. Pastikan bahwa iPhone memiliki koneksi internet. Hal ini bertujuan supaya bisa langsung menghubungkan ke Apple ID setelah proses selesai.
  3. Buka Settings – General – Reset yang akan membawa Anda pada beberapa pilihan. Pilihan tersebut, seperti reset pengaturan, konten, dan lainnya. Pada bagian ini, pilih Reset iPhone.
  4. Selajutnya pilih Erase All Content and Settings untuk melakukannya proses pengembalian ke setelan pabrik.
  5. Sebagai langkah pengaman, iPhone akan meminta Anda untuk memasukkan Password Apple ID. Proses akan dilanjutkan ketika Anda sudah memasukkan password
  6. Klik menu Erase iPhone yang muncul setelahnya.
  7. Proses pengaturan ulang tengah berjalan. Tunggu sampai proses itu selesai.
  8. Sekarang atur kembali iPhone Anda seperti membelinya pertama kali. Pengaturan yang dapat dilakukan, seperti memilih negara, bahasa, waktu, hingga memasukkan ID dan Password. Selain mengatur ulang seperti semula, terdapat juga pilihan untuk mengembalikan data dari iTunes, iCloud, atau media lain. Lakukan pemilihan ini sesuai dengan kebutuhan.
  9. Lakukan login ke Apple ID dengan memasukkan Apple ID dan password
  10. Proses pun telah selesai. iPhone yang telah di-refresh kini menjadi seperti baru.

Selain hard reset, ada juga soft reset untuk mengatur ulang iPhone. Bedanya hard reset menghapus semua data dalam iPhone, sedangkan soft reset tidak demikian karena tidak mengembalikan ke setelan pabrik. Oleh karena itu jangan sampai salah memilih pengaturan ulang.

Cara hard reset iPhone 8 ke setelan semula tidak terlalu sulit bukan. Coba ikuti langkah-langkahnya dengan teliti. Semoga dapat membantu.

Cara Hard Reset iPhone 8 ke Setelan Semula | admin | 4.5