Cara Mengaktifkan IDM di Google Chrome Terbaru 2018

Cara Mengaktifkan IDM di Google Chrome-Apa itu IDM? Bagi Anda pengguna internet khususnya yang seringkali mendownload suatu file baik berupa film atau video tentu Anda tidak asing lagi dengan yang namanya IDM. IDM atau kependekan dari Internet Download Manager merupakan sebuah perangkat lunak atau sebuah software yang seringkali digunakan dalam melakukan unduhan data atau file yang terdapat di internet. IDM ini juga hadir dengan fitur meneruskan kembali atau resume yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna internet. Anda para pengguna internet tentu perlu mengenal lebih dekat tentang IDM.

IDM merupakan sebuah software yang diproduksi di New York, Amerika dimana program software yang satu ini merupakan sebuah software terbaik yang dapat digunakan dalam memaksimalkan kecepatan unduhan dari suatu file. Anda yang suka download file dan ingin unduhannya diproses jauh lebih cepat dapat memanfaatkan IDM ini. Lantas bagaimana cara mengaktifkan eksistensi IDM di Google Chrome? Berikut kami berikan informasi selengkapnya untuk Anda tentang bagaimana cara mengaktifkan IDM di Google Chrome terbaru 2018 yang perlu Anda tahu!

cara mengaktifkan idm di google chrome terbaru

Cara Mengaktifkan IDM di Google Chrome Terbaru 2018

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan IDM untuk mempercepat proses downloading file di laptop atau komputer Anda dengan menggunakan browser Google Chrome, disini kami akan memberikan informasi selengkapnya. Berikut cara mengaktifkan IDM di Google Chrome terbaru 2018 yang Anda harus pahami, diantaranya :

  • Pertama – tama yang Anda harus lakukan adalah siapkan alat tempurnya. Download Google Chrome terbaru, dan IDM versi terbaru.
  • Setelah kedua proses tersebut selesai, Anda bisa install Chrome dan juga IDM lengkap bersama dengan aktivasinya.

Nah, kalau sudah Anda siapkan alat tempur diatas, cara mengaktifkan IDM di Google Chrome terbaru 2018 selanjutnya melalui langkah di bawah ini :

  • Pertama agar Anda bisa mengaktifkan IDM di Chrome dan memasang ekstensinya, yang Anda perlu lakukan adalah buka Google Chrome yang Anda pakai di browser komputer Anda kemudian ketik pada bagian address bar atau kolom URL chrome ://extentions kemudian tekan enter. Atau Anda juga bisa cari dengan mengklik pada titik tiga pojok kanan atas komputer Anda dan arahkan ke bagian more tools atau fitur tambahan kemudian pilih ekstensi atau extensions.
  • Kemudian nantinya jendela ekstensi Google Chrome akan terbuka maka selanjutnya Anda harus pastikan bahwa ekstensi IDM di Google Chrome sudah terinstalasi dengan sempurna atau belum. Jika memang masih belum terinstalasi dengan sempurna, maka Anda harus menyempurnakannya. Namun jika sudah terinstalasi dengan sempurna, uninstal lebih dulu dengan Anda klik pada icon kotak sampah yang dapat Anda temukan pada bagian sebelah kanan dari ekstensi yang bersangkutan.
  • Kemudian Anda buka folder yang menjadi tempat instalasi dari IDM Anda. Kalau Anda masih belum menemukan lokasinya, lokasinya berada di local disk C tepatnya di C:\program files(x86)\internet download manager.
  • Kalau sudah ditemukan, Anda bisa segera cari sebuah file yang bernama IDMGCExt.crx dan Anda drag file yang bersangkutan menuju ke halaman pengaturan yang terdapat pada ekstensi di bagian Chrome.
  • Nantinya akan muncul suatu pemberitahuan yang berada dalam bentuk konfirmasi kemudian bisa Anda klik tombol add extention. Anda perlu tunggu prosesnya sampai benar – benar selesai dan kalau sudah benar – benar berhasil maka akan muncul suatu ekstensi IDM yang akan Anda temukan di bagian pengaturan ekstensi Google Chrome Anda. Setelah itu Anda bisa centang di pilihan enable agar ekstensi dari IDM benar – benar dapat diaktivasi.

Itulah cara mengaktifkan IDM di Google Chrome terbaru 2018 yang Anda perlu coba. Namun jika Anda ingin agar semua browser Anda termasuk Google Chrome dan Mozilla Firefox sekaligus dapat tersinkronisasi dengan Internet Download Manager maka Anda perlu lakukan settingnya.

Cara sinkronisasi semua browser Anda dengan IDM yaitu carilah sebuah shortcut IDM yang dapat Anda temukan di local disk C tepatnya di C:\programfiles\tonec\IDMan.exe. Kemudian selanjutnya Anda klik kanan dan pilih properties. Nantinya akan muncul sebuah jendela properties dan klik pada tab compatibility dan Anda bisa segera centang pada kotak dialog pilihan “run this program as an administrator”. Klik OK kemudian.

Anda langsung bisa membuka internet download manager dengan cara klik kanan run as administrator dan pilih di bagian tab download. Setelah itu pilih options dan pilih tab general. Selanjutnya Anda centang browser yang Anda ingin memang mengkonfigurasikannya. Setelah itu klik Ok kemudian.

Bagi Anda para pengguna IDM atau internet download manager yang dapat membantu percepatan downloading file Anda, Anda harus tahu bahwa IDM dapat membagi sebuah data ketika proses unduhannya sedang berlangsung sampai menjadi enam belas bagian. Selanjutnya data yang sudah didownload dan terbagi ke dalam berbagai bagian bisa diubah oleh IDM dengan cara membagi kecepatan yang sama besarnya pada masing – masing bagian. Dengan cara ini proses semuanya yang dilangsungkan akan jauh lebih cepat. Akan tetapi jika seandainya bagian – bagian tadi mengalami suatu hambatan dalam proses dan prosedur downloadnya, maka kecepatan pada bagian yang lain akan digunakan dalam rangka membantu bagian yang tadinya lambat sampai kecepatannya bisa berlangsung sama antara satu bagian dengan bagian yang lainnya.

Baca : Cara Menampilkan Tombol IDM yang Tidak Muncul di Youtube

Sampai saat ini ada banyak software percepatan downloading file yang bisa diunduh hanya saja tak bisa dipungkiri bahwa software asal New York ini yang paling disukai karena kemudahannya. Serta internet download manager atau IDM juga memiliki berbagai macam keunggulan berikut ini, diantaranya :

  • IDM merupakan sebuah software yang kompatibel dengan semua jenis browser. Tentunya IDM dapat memberikan manfaat tersebut dengan cara melakukan konfigurasi terlebih dahulu bersama browsernya.
  • Dengan IDM, proses download juga jauh lebih mudah karena sudah terintegrasi dengan browser. Anda bisa lakukan proses download ekstra cepat cukup hanya sekali download.
  • Proses download video di youtube juga akan jauh lebih mudah hal ini karena tertera tombol IDM yang terdapat di bagian video youtubenya.
  • Dengan IDM Anda juga dapat melakukan proses scanning atau pengecekan virus dengan otomatis. IDM akan melakukan pengecekan suatu file yang akan didownload sebelum tersimpan di komputer. Walaupun memang hal ini tidak 100% memberikan jaminan keamanan dari terjangkitnya komputer Anda dengan suatu virus karena proses download yang dilakukan.
  • Dengan IDM, para pengguna dapat melakukan perintah ekstra cepat hanya tinggal dengan satu klik saja pada menu yang sudah disediakan.
  • IDM juga menjadi sebuah software yang mendukung berbagai macam bahasa yang didalamnya terdapat puluhan bahasa yang tersedia sehingga akan memudahkan pengguna untuk menggunakan IDM sesuai dengan bahasa yang dipahami.
  • Dengan menggunakan IDM, Anda bisa mengelompokkan suatu file yang sudah berhasil didownload berdasarkan ekstensinya seperti compress, document, video dan yang lainnya.
  • IDM mampu melanjutkan proses download yang di pause bahkan yang sudah mengalami kegagalan download karena link yang telah kadaluarsa atau karena koneksi internet yang tidak stabil dan berbagai potensi kegagalan yang lain. Ketika sedang melakukan downloading file, secara otomatis IDM akan mengenali file dan akan melanjutkan proses pengunduhan dengan sempurna.

Itulah informasi untuk Anda tentang bagaimana cara mengaktifkan IDM di Google Chrome terbaru 2018 dan fitur – fitur yang ada didalamnya. Selamat mencoba tutorial diatas.

Cara Mengaktifkan IDM di Google Chrome Terbaru 2018 | admin | 4.5