Cara Mengatasi Boros Baterai HP Xiaomi

Cara Mengatasi Boros Baterai HP Xiaomi – Xiaomi adalah salah satu ponsel pintar pabrikan Negeri Tiongkok China, yang mana pasar dari smartphone ini cukup diminati di Tanah air, pasar yang disayat Xiaomi yakni hampir disemua kalangan, mulai dari bawah menengah hingga atas. Ada beraneka macam spesifikasi ponsel yang di suguhkan oleh brand Xiaomi tersebut, mulai dari entry level hingga high end level untuk kalangan dengan ekonomi menengah keatas.

Harga ponsel pintar yang dijajakan oleh Xiaomi cenderung lebih murah jika dibanding dengan para kompetitornya seperti, Oppo, Vivo, Samsung, Infinix, Huawei, Sony, Nokia, LG, Lenovo dan brand ponsel pintar lainya dengan kualitas dan sepsifikasi dikelasnya. Kendati demikian pihak Xiaomi mengklaim dengan tegas bahwa mereka siap menyediakan kelebihan dan spesifikasi yang tak kalah baik dengan brand kompetitor diatas.

Itu artinya dengan harga yang relatif terjangkau kita sudah bisa mendapatkan spesifikasi ponsel yang tangguh, untuk harga dasar yang dijajakan oleh Xiaomi sendiri yakni mulai dari 600 ribuan hingga 5 jutaan saja untuk ponsel dengan spek tertingginya. Silahkan sesuaikan saja dengan budget yang Anda miliki untuk meminang ponsel pintar dari Xiaomi ini.Ponsel Xiaomi ini memiliki banyak sekali fungsi mulai dari browsing, chating, gaming dan lain sebagainya, untuk itu dibutuhkan kinerja baterai yang cukup mumpuni untuk menopang semua aktifitas kita di ponsel Xiaomi tersebut.

cara mengatasi baterai xiaomi boros

Bagi sebagian orang mungkin sedang mengalami masalah terkait dengan penggunaan daya baterai yang cepat habis pada smartphone Xiaomi ini, hal ini mungkin saja disebabkan oleh tingginya aktifitas multimedia pada ponsel ataupun digunakan untuk kebutuhan gaming dengan rentan waktu hingga berjam-jam lamannya. Nah, untuk itu kami pada kesempatan kali ini akan bergai tips pada Anda, khususnya pengguna ponsel Xiaomi di Tanah Air, bagaimana cara mengatasi baterai ponsel Xiaomi yang cepat habis dan apa solusinya, untuk lebih jelasnya silahan simak dbawah ini.

Cara Mengatasi Baterai Xiaomi yang Boros Atau Cepat Habis

1 . Gunakan ROM Resmi Xiaomi

Banyaknya seller ponsel Xiaomi di Tanah air ini kadang membuat kita bingung untuk menentukan mana seller yang jujur dan tidak, terkadang ada sebagian seller yang menjajakan ponsel Xiaomi dengan ROM distributor, hal ini lah salah satu yang memicu borosnya daya baterai pada ponsel Xiaomi kita. Selain masih terdapat banyak bug, dilihat dari sisi keunggulan pun masih tertinggal jauh jika dibanding dengan ROM versi resmi. Untuk itu cara yang paling efektif dalam mengatasi hal ini tidak lain segera pindah ke ROM resmi. Selain meminimalisir adanya bug, juga bisa memperoleh update berkala dari Xiaomi.

2. Aktifkan Mode Auto Close App

Perlu Anda ketahui bahwasanya kelebihan dari ROM MIUI yakni telah tersedianya fitur command center, yang mana di dalamnya memiliki banyak fungsi seperti memindai virus, mengatur profil baterai, mengatur koneksi internet, blokir pesan dan panggilan keluar dan masuk, izin aplikasi, hingga memindai file-file sampah serta menghapusnya.

Cara untuk mengoptimalkan Fitur yang akan kita gunakan yakni :

  • Klik keamanan security
  • Pilih baterai battery
  • Pilih profile
  • Klik bersihkan cache lalu clear cache when device is locked
  • Pilih 1 menit /1 minutes
  • Untuk opsi atau settingan lain silakan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing

Dengan cara mengaktifkan fitur satu ini, maka smartphone Xiaomi akan secara otomatis melakukan pembersihan memori atau RAM.

Baca juga : Cara Mengatasi Atau Membuka Lupa Kunci Pola HP Xiaomi

3. Manfaatkan Fitur Tombol Back sebagai Kill Application

Mungkin Anda berfikir mengatur tombol back menjadi tombol close aplikasi kedengarannya begitu sepele dan tak begitu penting. Namun tahukah Anda, ternyata hal sepele ini cukup efektif dalam menghemat konsumsi daya baterai pada ponsel Xiaomi Anda.

Berikut adalah cara mengaktifkannya :

  • Masuk ke pengaturan / settings
  • Pilih setelan tambahan / addiitional settings
  • Pilih tombol / button
  • Pada menu “tekan lama tombol navigasi” long press navigation buttons
  • Pilih tombol kembali tombol back ke “tutup aplikasi” close current application

Fitur ini sama seperti saat Anda selesai bermain game atau aplikasi pada ponsel, bisa dengan langsung menekan dan tahan tombol back. Maka dengan cara ini secara otomatis aplikasi dan game tersebut akan di close.

4. Membeli Baterai Cadangan

Membeli baterai cadangan original juga menjadi penting Anda lakukan untuk antisipasi saja jika suatu saat nanti baterai Xiaomi yang Anda miliki drop atau sudah tidak berfungsi lagi dengan baik, namun sebelum Anda membeli baterai ponselnya, baiknya perhatikan terlebih dahulu hal penting ini.

  • Sebaiknya pilih baterai Xiaomi yang sesuai dengan type ponsel Xiaomi yang Anda miliki
  • Hanya beli baterai Xiaomi di gerai resmi Xiaomi atau pada seller yang sudah memiliki integritas tinggi
  • Jangan gunakan cassan abal-abal karena itu hanya akan meribak baterai ponsel Anda, selalu gunakan cassan original bawaan dari ponsel Xiaomi Anda
  • Simpan baterai cadangan ponsel Xiaomi tersebut di tempat yang kering dan jauh dari sinar matahari
  • Jauhkan dari jangkauan anak kecil

Itulah beberapa point simpel yang wajib Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli baterai ponsel Xiaomi.

5. Mengaktifkan Mode Ekstrim Power Saving

Dengan mengaktifkan fitur mode ekstrim power saving ini setidaknya kita bisa lebih mengirit penggunaan daya baterai yang cepat habis dikarenakan konsumsi penggunaan yang tinggi pada ponsel.

Cara mengaktifkan mode ekstrim :

  • Masuk ke pengaturan / settings
  • Pilih baterai / battery
  • Klik kelola penggunaan baterai aplikasi / manage apps battery usage
  • Tap beberapa kali pada teks hidup (on)
  • Akan muncul tulisan “ultimate mode on” dan muncul mode ekstrim ultimate
  • Selanjutnya untuk mematikannya, tap beberapa kali hingga mode hilang

6. Menonaktifkan Notifikasi

Salah satu borosnya baterai pada ponsel adalah banyak pemberitahuan atau notifikasi yang tidak penting yang masuk pada ponsel seperti notifikasi update aplikasi, email , pesan , dan lain sebagainya, meski terlihat sepele, hal ini cukup menguras daya baterai ponsel Xiaomi kita. Untuk itu perlu Anda atasi dengan cara dibawah ini.

Cara mematikan atau disable notifikasi :

  1. Masuk menu pengaturan atau settings
  2. Pilih notifications and status bar
  3. Pilih app notifications
  4. Kemudian pilih aplikasi mana yang akan di off notifikasinya

7. Mematikan Fitur GPS

GPS (Global Positioning System) adalah salah satu layanan Google yang sudah dikemas dalam bentuk aplikasi android dan iOS yang mana memiliki fungsi sebagi jalan atau peta untuk kita dalam mencari suatu tempat dan wilayah dengan mudah dan akurat. Namun tahukah Anda jika aplikasi GPSA ini juga menjadi salah satu penyebab borosnya baterai pada ponsel Xiaomi kita ?

Kami sangat menyarankan bagi Anda yang memiliki aplikasi GPS ini untuk segera di off saja apabila sudah tak digunakan lagi, karena konsumsi daya baterai untuk menopang jalannya aplikasi GPS ini cukup besar yang akan mengakibatkan daya baterai Anda menjadi cepat habis.

8. Aktifkan Fitur Battery Saver

Di MIUI 8 ini telah tersedia fitur baru yang mana bisa kita manfaatkan sebagai penghemat daya baterai ponsel Xiaomi kita.

Untuk mengaktifkannya caranya sebagai berikut :

  1. Masuk ke keamanan security
  2. Klik baterai battery
  3. Klik battery saver
  4. Anda bisa mengaktifkan fitur tersebut dengan cara menggeser slidernya

Itulah beberapa point yang dapat Anda lakukan untuk menghemat baterai ponsel Xiaomi, semoga bermanfaat ya !

Cara Mengatasi Boros Baterai HP Xiaomi | admin | 4.5