Cara Mengecek Kartu Keluarga Online Berdasarkan Nama

Cara Mengecek Kartu Keluarga Online Berdasarkan Nama – Warga Negara Indonesia selain harus memiliki KTP juga wajib memiliki Kartu Keluarga atau KK. Dokumen dengan ukuran sebesar kertas A4 ini memiliki banyak informasi penting tentang keluarga dan penduduk yang terdaftar dalam keluarga tersebut. Jika KTP berfungsi sebagai identitas pribadi, KK menjadi dokumen identitas tentang keluarga.

Data yang terdapat pada KK biasanya adalah data ayah, ibu, dan anak. Namun ada juga dalam satu KK yang terdiri dari orangtua, anak, dan cucu.  Kartu Keluarga banyak dibutuhkan sebagai salah satu syarat administrative untuk berbagai keperluan misalnya syarat untuk melengkapi dokumen pernikahan, syarat untuk mengajukan BPJS, dan bahkan ada pekerjaan yang mewajibkan pelamarnya untuk melampirkan Kartu Keluarga.

Selain itu yang sedang marak saat ini adalah KK juga digunakan sebagai salah satu syarat untuk melakukan registrasi nomor kartu prabayar. Jadi jika tidak memiliki nomor KK, Anda tidak bisa melakukan registrasi kartu SIM dari berbagai operator sehingga registrasi akan selalu gagal. Biasanya bagi mereka yang gagal melakukan registrasi kartu SIM ini akan melakukan pengecekan KK untuk mencari tahu penyebab mengapa registrasi masih saja gagal atau tidak bisa dilakukan. Dengan melihat hal ini, tentu kita dapat menyadari bahwa KK merupakan dokumen yang penting. Untuk itu kita perlu mengenal lebih jauh apa itu KK dan fungsi kartu tersebut.

cek kartu keluarga secara online

Pengertian Kartu Keluarga atau KK

Kartu Keluarga merupakan kartu identitas keluarga yang berisi data lengkap mengenai susunan anggota keluarga, hubungan, dan juga jumlah anggota keluarga. KK untuk warga negara Indonesia hanya diterbitkan oleh Pemerintah Kabupaten setempat dan proses penerbitannya dilakukan di TPDK atau Tempat Perekaman Data Kependudukan Kecamatan.

Kartu Keluarga mencakup keterangan tentang kolom nomor Kartu Keluarga, nama lengkap masing – masing anggota keluarga, Nomor Induk Kependudukan (NIK), jenis kelamin, alamat, pendidikan, tempat tanggal lahir, pekerjaan, status hubungan dalam keluarga, status perkawinan, dokumen imigrasi, kewarganegaraan, dan juga nama orangtua. Ini adalah kartu yang wajib bagi setiap keluarga dan dibuat rangkap tiga di mana masing – masing disimpan oleh Kepala Keluarga, Ketua RT, dan Kantor Kelurahan.

Kartu Keluarga menjadi dokumen milik Pemerintah Daerah Provinsi Setempat. Jika ada perubahan karena mutasi biodata atau mutasi data, maka pemilik KK wajib untuk melapor pada lurah setempat agar diterbitkan kartu keluarga yang baru. Pada saat melaporkan perubahan ke kelurahan, Anda perlu membawa 2 lembar KK dari ketua RT dan kepala keluarga.

Fungsi Kartu Keluarga

Kartu Keluarga memiliki banyak fungsi di antaranya adalah sebagai syarat untuk membuat KTP, syarat untuk menerbitkan akte kelahiran, dan sebagai salah satu dokumen untuk mendaftarkan anak sekolah. Tidak sama dengan KTP, KK tidak memiliki masa berlaku. Kartu Keluarga memiliki nomor seri yang akan terus berlaku selama KK tersebut tidak mengalami perubahan.

Nomor KK itu sendiri dari 16 digit angka. Penetapan nomor KK tersebut dibuat dengan berdasrkan kombinasi variabel kode dari wilayah yang bersangkutan, tanggal pencatatan, dan nomor seri keluarga. Jika salah satu anggota keluarga pindah domisili atau menikah, maka KK yang disimpaan oleh kepala keluarga dan ketua RT wajb diberikan kepada lurah. Berdasarkan surat keterangan pindah, di tempat tinggal baru, lurah akan memberikan kartu keluarga yang baru.

Syarat Permohonan KK

Untuk mendapatkan KK, ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi yaitu sebagai berikut:

  • Surat pengantar dari RT dan RW setempat
  • Surat nikah atau surat cerai untuk yang membuat kartu keluarga setelah perkawinan atau perceraian
  • Surat pengangkatan anak
  • Surat keterangan lahir/ akta kelahiran
  • Surat keterangan pelaporan pendatang baru untuk warga pendatang dari luar wilayah
  • Surat keterangan pendaftaran sebagai penduduk tetap untuk warga negara asing
  • Surat keterangan pindah untuk warga yang pindah dari luar kelurahan tapi masih di wilayah yang sama

Bagaimana Jika Kartu Keluarga Hilang?

Banyak masyarakat Indonesia yang mengalami masalah yang satu ini dan akhirnya berusaha mencari cara mencari nomor induk kependudukan online. Ada banyak kasus di mana kartu keluarga tidak bisa ditemukan atau hilang. Jika Anda termasuk salah satu yang mengalami masalah seperti ini, tidak perlu panik. Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk mengurus KK yang hilang.

  1. Pertama, buat laporan kehilangan dari polsek setempat
  2. Minta surat pengantar dari ketua RT
  3. Siapkan KTP dari salah satu anggota keluarga yang terdaftar pada KK yang hilang
  4. Membawa fotokopi KK
  5. Membawa formulir permohonan data yang diminta di kelurahan
  6. Kepala keluarga dalam KK langsung datang ke kelurahan atau kecamatan untuk mengikuti prosedur – prosedur yang telah ditetapkan di sana

Cara Cek No KK Online

Bagi Anda yang ingin mengetahui apakah nomor KK Anda sudah terdaftar secara online, Anda dapat mengecek nomor KK tersebut dari situs resmi dukcapil tempat domisili KK Anda atau melalui situs Kemendagri. Hanya dengan beberapa langkah saja Anda sudah dapat mengecek nomor KK secara online dan melihat hasilnya.

Cek Kartu Keluarga Online Tangerang

Dukcapil Tangerang saat ini telah menyediakan layanan untuk mengecek KK secara online khusus bagi warga Tangerang. Tentu ini menjadi kabar gembira karena kemungkinan data yang tersedia di sana lebih akurat. Untuk memeriksa kartu keluarga secara online tersebut Anda dapat mengakses situs https://disdukcapil.tangerangkota.go.id/ceknik/. Di situs tersebut, Anda hanya perlu memasukkan nomor NIK Anda dan klik pada menu di bawahnya untuk mulai melakukan pengecekan.

Cek Kartu Keluarga Online Jakarta

Untuk warga Jakarta atau warga dari daerah lain yang daerahnya belum menyediakan layanan untuk cek nik online atau kartu keluarga secara online, belum lama ini Kemendagri telah menghadirkan layanan baru untuk cek NIK dan kartu keluarga. Untuk mengecek kartu keluarga tersebut, Anda dapat masuk ke situs http://dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik. Di sana sudah tersedia kolom NIK yang dapat diisi sesuai dengan NIK Anda dan kemudian melakukan proses pengecekan.

Cara Mencari Nomor Induk Kependudukan Online

Untuk mengecek nomor induk kependudukan secara online, Anda dapat menggunakan situs yang sama seperti untuk mengecek KK yaitu di situs http://dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik. Di sana sudah sekaligus untuk mengecek nomor induk kependudukan Anda apakah sudah terdaftar di Dukcapil atau belum.

Cara Mencari NIK Berdasarkan Nama

Bagi Anda yang lupa dengan nomor NIK karena KTP atau KK hilang, sampai saat ini Dukcapil belum menyediakan layanan online untuk melakukan pencarian NIK tersebut. Pasalnya NIK itu sendiri sebenarnya merupakan angka atau kode yang bersifat rahasia sehingga tidak boleh banyak orang yang tahu tentang NIK tersebut kecuali orang – orang yang berkepentingan. Hal ini juga sama seperti cara cari nomor kartu keluarga online yang belum tersedia selain langsung mengunjungi kantor catatan sipil.

Pencarian terkait :

cara mencari nik berdasarkan nama, cara mencari nik kk berdasarkan nama, cara mencari nik ktp berdasarkan nama, cara mencari nik berdasarkan nama dan tanggal lahir, mencari nik berdasarkan nama, cari nik berdasarkan nama, cara mencari nik dengan nama, cara mengecek nama ibu kandung di ktp, cara cek kartu keluarga secara online, cari nik kk berdasarkan nama
Cara Mengecek Kartu Keluarga Online Berdasarkan Nama | admin | 4.5